Senin, 16 Desember 2013

SENI KULIT TELUR XII IPS



LATAR BELAKANG

Kulit telur adalah limbah domestik yang tak dimanfaatkan lagi. Konsumsi telur juga meningkat seiring dengan perkembangan kebutuhan protein. Sebagai guru pengampu bidang studi seni, saya memanfaatkan limbah kulit telur untuk dijadikan sebagai karya seni pada siswa kelas XII IPS.

Pecahan kulit telur dapat diubah menjadi sebuah karya seni yang sangat Unik dan Artistik, karena dengan pecahan kulit telur yang di rangkai sedemikian rupa, di sesuaikan dengan WARNA ASLI KULIT TELUR dan sedikit polesan warna.

LANGKAH

Alat dan bahan yang digunakan
1.   Kulit telur yang sudah dibersihkan (dicuci bersih dan dikeringkan)
2.   Botol bekas (sebagai pengganti media canvas)
3.   Lem putih / lem kayu
4.   Amplas
5.   Cat/ pewarna
6.   Kuas kecil
7.   Sketsa gambar

Cara membuatnya :
1.  Bagilah siswa kedalam kelompok kecil. Aku membagi satu bangku, satu kelompok, satu lukisan kulit telur.
2.    Mintalah untuk membuat sketsa langsung di botol, sebagai media pengganti kanvas. Tapi kalau tidak bisa, buat dulu sketsa di kertas kemudian baru di gambar lagi di botol.
3.  Setelah selesai membuat sketsa, baru proses selanjutnya yang butuh  kesabaran ekstra yaitu menempel kulit telur satu persatu di atas sketsa yang kita buat.
4.  Kalau ingin manipulasi warna lukisan bisa menggunakan cat air atau pewarna tekstil.
5.   Untuk menimbulkan tekstur kulit telur, setelah di warnai, gosok kulit telur dengan amplas halus.
6.   Kunci dari lukisan ini adalah ketelatenan, ketelitian, dan kesabaran. Ketika praktek adalah guru yagn paling utama, dengan praktek secara langsung akan mengerti teknik yang tepat sesuai dengan lukisan yang diinginkan.

LESSON LEARN

Siswa belajar berkreasi sesuai dengan kreativitas masing-masing. Setiap siswa kan menyalurkan ide yang ada diatas lukisannya. 


Karya siswa-siswi ku kelas XII IPS SMA Negeri 1 Sebatik Tengah

Tidak ada komentar :

Posting Komentar