Minggu, 15 Desember 2013

PETA KEKAYAAN ALAM INDONESIA




LATAR BELAKANG

“Negara kita, apa namanya ..??”
“Indonesia Bu.... Malindo Bu... Malaysia...., ” itulah jawaban siswa-siswaku
“Betull... negara kita bernama Indonesia, Bukan Malindo (Malaysia-indonesia) ataupun Malaysia”.
Walaupun pasokan makanan, transaksi jual beli dilakukan dengan negeri sebrang, tapi nama Negara kita masih sama, indonesia. Itu petuah ku kepada siswa XI IPS SMA Negri 1 Sebatik Tengah.

Menjadi guru geografi untuk murid yang tinggal dan tumbuh di daerah yang jauh dari Ibukota bukan hanya perkara mengajarkan anak hapal perkalian, mahir ber-Bahasa Inggris, atau jago sains. Tantangan terberat seorang guru di daerah seperti itu adalah bagaimana menanamkan pemahaman bahwa mereka adalah Warga Negara Indonesia dan bagian dari NKRI.

Indonesia itu negara yang besar. Indonesia itu terdiri atas rangkaian pulau-pulau, Nak. Terdiri atas ratusan suku bangsa, bahasa, dan warisan kebudayaan yang jumlahnya tiada tara. Anggukan kepala adalah jawaban mereka, tanda mereka mengerti apa yang ku bicarakan.

Namun sebagian dari mereka belum memahami betul arti Indonesia. Mungkin ini adalah konsekuensi menjadi daerah di perbatasan. Mereka hanya tahu pulau Kalimantan. Tak sadar bahwa masih ada pulau Sumatra, Jawa, Bali, Sulawesi, Papua dan ribuan pulau lainnya juga adalah bagian dari Indonesia. Lalu bagaimana cara menanamkan pemahaman ini kepada para murid? Sekarang, ayo kita bersama meraba Indonesia sambil belajar kekayaan alam yang ada di Indonesia.

LANGKAH

1.      Siswa dibagi kedalam kelompok-kelompok kecil. Setiap kelompok berisikan 4-5 orang siswa. Pengelompokkan ini dilakukan secara heterogen, antara siswa laki-laki maupun perempuan dan suku. Setiap kelompok akan duduk bersama anggota kelomponya melingkar di meja yang telah ditentukan.
2.      Guru membagikan karton yang berwarna-warni. Disini saya menggunakan karton yang berwarna merah, pink, putih, kuning, dan hijau.
3.      Guru menempelkan peta indonesia di papan depan kelas
4.      Secara berkelompok, siswa diberi tugas untuk menggambar pulau di indonesia, berikut dengan sumber daya alam yang terkenal dari setiap pulau tersebut. Disini guru membagi 1 kelompok 1 pulau, berikut dengan kekayaan alam yang ada.
5.     Setelah selesai, siswa akan mempresentasikan hasil petanya. Ada enam pulau besar yang digambar oleh siswa, Sumatera, Jawa, kalimantan, Sulawesi, halmahera, dan Irian.
6.      Setiap kelompok akan memiliki peta yang berwarna-warni. Dengan adanya miniatur peta indonesia diharapkan pembelajaran geografi materi sumber daya alam dapat lebih mudah dipahami.

LESSON LEARN

Lewat metode ini siswa diajak untuk berimajinasi untuk mengelilingi Indonesia, dan mengenal kekayaan alam Indonesia. Secara komprehensif siswa akan mengetahui persebaran sumber daya alam yang terkandung di dalamnya, berikut alasan-alasannya secara ilmiah. Ketika melakukan diskusi dan presentasi, siswa akan belajar kerja sama, berpendapat, dan mereka akan mengkonstruksi pengetahuannya dengan baik. 






Tidak ada komentar :

Posting Komentar