Senin, 16 Desember 2013

MEYUSUN KATA



Permainan ini bertujuan untuk menciptakan suasana belajar mengajar yang menyenangkan, sekaligus menjalin kerjasama antar sesama peserta di dalam kelompok. Saya adalah guru yang kurang menyukai pembelajaran yang bersifat hafalan, meskipun saya mengajar geografi, namun saya akan mencoba menggunakan metode yang berbeda dan baru dari metode sebelumnya.

Metode mengajar guru yang baik, akan terlihat dari antusiasme murid ketika mengikuti proses pembelajaran. Selama masa pengamatan, saya daptkan bahwa murid-murid saya adalah siswa yang aktif, kinestetis dan sepertinya memiliki energi yang luar biasa.

Permainan ini saya gunakan dalam materi sumber daya alam yaitu jenis-jenis sumber daya alam. Aturan dalam permainan ini sangat gampang, bahkan tanpa disadari mereka sedang belajar.

LANGKAH

1. Bagilah siswa kedalam beberapa kelompok. Karena siswaku berjumlah 26 orang, maka aku membagi menjadi 4 kelompok. Masing-masing kelompk berisi 6-7 siswa.
2. Berilah sebuah spidol kepada masing-masing kelompok. Disini saya menggunakan spidol yang berwarna-warni agar merangsang ketertarikan siswa ketika belajar.
3. Mintalah setiap peserta dari masing-masing kelompok secara berurutan untuk menuliskan kata secara berurutan, dengan jarak 1 meter dari whiteboard.
Disini guru bisa menyebutkan suatu petunjuk atau clue tertentu sesuai dengan materi yang diajarkan. Contohnya, sumber daya alam yang dapat diperbarui yang letaknya di lautan.
4. Siswa pertama akan memulai gilirannya, setelah menulis di whiteboard akan berganti dengan siswa kedua, ketiga dan seterusnya sampai siswa terakhir.
5. Peserta tidak boleh menambahakan kata diantara kata yang telah peserta lainnya tulis, tidak boleh menghapus kata sebelumnya, dan tidak berkompromi dengan temannya yang lain.
6. Pemenangnya adalah kelompok yang berhasil menyusun kata dengan baik, dan jawabannya benar.
7. Ulangi permainan ini beberapa kali, namun jangan terlalu banyak, karena akan membuat siswa bosan.

LESSON LEARN

Siswa belajar percaya dengan pekerjaan yang dikerjakan oleh anggota kelompoknya, belajar memecahkan masalah dengan cepat, karena waktu yang singkat, dan belajar manajemen waktu dengan baik. Peserta yang cepat dengan jawaban yang tepat adalah pemenangnya.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar