Sabtu, 14 Desember 2013

BERSIH ITU INDAH, HIDUP JUM'AT BERSIH



Disetiap hari jumat di SMP dan SMA Negeri 1 Sebatik Tengah, Kecamatan Sebatik Tengah, Kabupaten Nunukan disebut dengan Jumat bersih. Apa itu Jumat bersih? Dari namanya saja pasti mudah untuk ditebak. Benar sekali, siswa-siswi disni memiliki agenda membersihkan sekolah bersama setiap hari Jumat. Tidak hanya sekedar menyapu dan mengepel kelas, tetapi halaman sekolah. Mulai dari memungut sampah kemudian membuangnya di tempat pembuangan sampah terdekat. Tugas ini lebih banyak menjadi tanggung jawab bersama dibandingkan hanya dibebankan pada penjaga sekolah.

Dapat dikatakan bahwa penjaga sekolah memiliki pasukan kebersihan yang akan siap membantu membersihkan sekolah. Mulai dari kelas VII, VIII, IX, X sampai kelas XII akan ikut berpartisipasi dalam kegiatan ini. Jam masuk yang berbeda tak membuat jumat bersih kekurangan personel. Pada pagi hari sekolah akan dibersihkan oleh siswa-siswi SMP, sedangkan pada sore hari sekolah akan dibersihkan oleh pasukan kebersihan dari SMA.

Biasanya ada pembagian tugas untuk setiap kelas sehingga setiap sudut sekolah tidak terlewat untuk dibersihkan oleh sekelompok pasukan kebersihan. Tidak sekedar membersihkan, aksi tanam bunga bersama juga pernah menjadi agenda di Jumat bersih. Hal ini dilakukan untuk memperindah kelas.
 
Setiap siswa akan ditugaskan membawa bunga dari rumah untuk ditanam di halaman sekolah. Ada juga yang membawa bersama dengan pot bunganya dari rumah. Bunga ekorbia, bunga kertas, dan teratai ditanam disni. Tanah di daerah ini amat subur, sehingga tanaman dapat dengan mudah dikembangbiakkan. Ketika menamam bunga, tak lupa  mereka akan membuat pagarnya juga. Hasilnya adalah taman yang berada di depan kelas terlihat semakin indah.

Pemberian pupuk juga dilakukan secara berkala. Mengingat tanaman juga membutuhkan gizi yang cukup untuk pertumbuhan batang, akar dan daunnya. Hasilnnya adalah Sekolah ini tampak lebih asri dibandingkan dengan sekolah lain. Kerja gotong royong dari pasukan kebersihan ini sangat menghemat tenaga dan biaya. Halaman sekolah yang asri menjadi wujud nyata aksi kebersihan ini. Pekerjaan menjaga kebersihan jadi lebih ringan karena semua siswa terlibat untuk membantu.

Ternyata berat juga kalau tugas penjaga sekolah kalau harus membersihkan seluruh sekolah setiap hari. Syukurlah, dengan adanya jumat bersih dapat membantu perkerjaan penjaga sekolah. Kebiasaan untuk membersihkan ini ternyata sudah ditanamkan sejak kecil oleh orang tua masing-masing. Mereka juga terbiasa membantu orang tua di rumah, menyapu, mencuci piring, dan pekerjaan rumah lainnya.

Rupanya siswa-siswi di sini sudah terbiasa untuk bekerja membantu orang tua sementara orang tua sibuk bekerja di kebun. Tidak heran jika anak-anak di sini tahu bagaimana melakukan pekerjaan rumah dengan baik, entah itu sekedar menyapu atau mencuci, dimana anak-anak di kota besar kurang terbiasa untuk melakukannya. Semoga kebiasaan baik ini tetap terjaga hingga kelak mereka telah dewasa.


Tidak ada komentar :

Posting Komentar