Selasa, 10 Desember 2013

PANTAI BATU LAMAMPU



Pantai Batu Lamampu di Kecamatan Sebatik Induk menjadi obyek wisata favorit warga Sebaik dalam mengisi waktu libur. Batu keramat di batu lamampu kerap dijadikan tempat persinggahan wisatawan domestik. Diatas batuan karang terdapat sebuah pohon beringin. Mitos yang berkembang adalah apabila seseorang mengikat sebuah tali pada bagian pohon dan menyebutkan nama orang yang diidamkan untuk menjadi pasangan hidupnya pasti akan dikabulkan. Saya disini tidak mempercayai keakuratan dari mitos tersebut, bahkan terkesan Syirik, Menduakan Allah SWT dengan mempercayakan jodoh pada sebuah tali yang diikat di pohon. Terlepas dari mitos yang berkembang, yang akan saya bahas adalah keindahan dari pantai Batu Lamampu.

Untuk mencapai pantai batu lamampu dari Kota Nunukan dibutuhkan kesabaran karena harus menyebrang laut terlebih dahulu dari pelabuhan Sungai Jepun atau Sei Jepun, Nunukan ke Dermaga Mantikas, Sebatik. Dengan menggunakan perahu umum atau pribadi selama 20 menit kemudian menggunakan mobil menju pantai Batu Lamampu. Jalan yang ditempuh kondisinya cukup baik, namun dibeberapa bagian kondisinya memprihatinkan.

Ada sejumlah alasan yang dikemukakan warga sehingga mau berwisat ke Batu Lamampu. Kondisi pantai disini cukup bersih, sampah yang dimiliki juga sampah alami seperti daun kering, kulit kerang dan beberapa limbah domestic wisatawan ayng dibuang sembarangan. Pantainy yang panjang dan pasirnya yang bersih membuat pengunjung betah berlama-lama berada disini. Fasilitas lain juga mendukung, seperti warung-warung yang menjajakan makanan berat-ringan. Ikan bakar yang lezat juga dapat dinikmati dengan harga yang bisa ditoleransi oleh kantong. Untuk fasilitas penginapan, pengunjung dapat menikmati hotel murah di Kota Sungai Nyamuk. Apabila beruntung ada hotel yang menawarkan harga murah, Rp 60.000 per malam, jaid pengunjung dapat menginap beramai-ramai.

Berbagai aktivitas dapat dilakukan oleh wisatawan yang berkunjung. Mulai dari bakar-baka ikan, sekedar berfoto dengan pemandangan pasir putih serta berenang. Ada juga lomba balap motor yang dilakuakan pada hari minggu. Bisanya pantai ini akan ramai dikunjungi oleh penduduk sekitar untuk menyaksikan atau mengikuti lomba ini.



 









     Tugu Pramuka


Selamat Datang Di Pantai Batu Lamampu 

                





Batuan Melayang di atas Permadani Air

Tidak ada komentar :

Posting Komentar