Minggu, 29 Desember 2013

Lomba Class Meeting



Classmeeting merupakan kegiatan yang masih bersangkutan dengan kegiatan belajar mengajar. Classmeeting biasanya diadakan ketika semua siswa telah meyelesaikan Ujian Semester. Banyak kegiatan yang dilakukan pada waktu classmeeting. Seperti mengadakan lomba futsal, voli, basket, dan masih banyak lagi kegiatan yang menyenangkan.

Kegiatan classmeeting (pertemuan antar kelas) hampir menjadi kalender rutin semester di setiap sekolah pada jenjang SMA. Kegiatan ini biasanya dilaksanakan setiap selesai ulangan umum semester. Apa pentingnya kegiatan classmeeting  bagi siswa di sekolah?

Yang pasti, kegiatan classmeeting dapat meredakan ketegangan urat saraf siswa setelah bersitegang sekian hari dengan soal-soal ulangan semester. Maka prinsip pelaksanaan kegiatan classmeeting adalah kegembiraan dan antusiasme yang tinggi.  Kegembiraan dan antusiasme itu karena siswa akan saling bertemu, antara teman sekelas paralel, dengan adik-adik atau kakak kelas. Bertemu dalam suatu perlombaan dan pertandingan yang dilandasi kekeluargaan. Bisa saja kakak kelas dikalahkan oleh adik kelasnya dalam suatu cabang  tanding atau lomba. Kegiatan classmeeting juga dapat menyalurkan  bakat dan minat siswa di bidang olah raga serta menyalurkannya melalui perlombaan dan pertandingan yang ada.

Kegiatan classmeeting terdiri dari sepuluh jenis lomba, yaitu Volley, Bola caesar, Joged tabrak, Angkat bola, Bom balon, Air estafet, Tiup tepung, Tarik tambang, Lari karung. Kegiatan  ini mengharuskan setiap kelas wajib mengirimkan perwakilannya. Tiap kelas wajib mengeluarkan satu tim untuk tiap kategori, mulai dari Volley, Bola caesar, Joged tabrak, Angkat bola, Bom balon, Air estafet, Tiup tepung, Tarik tambang, dan Lari karung. Setelah nama-nama perwakilan kelas terkumpul, panitia pun mengundi dari tiap-tiap kelas untuk menuliskan tim lawan yang akan dihadapi oleh tiap kelas. Setiap tim yang berhasil melewati babak penyisihan akan berlanjut ke babak berikutnya.

Tiap pertandingan berlangsung seru, kedua tim masing-masing saling menyuguhkan kemampuan mereka tanpa mengenal rasa lelah. Meskipun kegiatan classmeeting dimulai sejak pukul 14.00 WITA dan berakhir pukul 17.00 WITA,. semuanya sangat antusias mengikuti kegiatan tersebut. Cuaca panas dan terik matahari, seakan-akan tidak menjadi halangan bagi peserta dan supporter untuk menikmati pertandingan yang sedang berlangsung.

Suara sorak sorai suporter setiap kelas begitu ramai sehingga perwakilan kelas yang sedang bertanding menjadi lebih bersemangat lagi. La..la...ye..ye.. Seru sekali suara-suara supporter yang menjadi motivasi bagi teman-teman mereka yang sedang berlomba. Apa lagi kalau ternyata kelas mereka yang memenangkan pertandingan, sudah pasti sorak sorai suara teman-teman begitu meriah.

Ditemani terik Matahari di halaman SMPN1 Setengah, para suporter setia bola voli masing-masing tim rela bermandikan keringat ditemani dengan sorak sorai tepuk tangan bahkan sebagian supporter terus meneriakan yel-yel kebangaan untuk tim mereka.

Seakan tidak ingin kalah heboh, dari tim futsal memberikan pertandingan yang sangat menegangkan dan seru. Semua tim yang bertanding tidak pernah menyerah untuk menuju ke babak final dan memperebutkan klasemen puncak.

Muh Anwar, Wakasek Kesiswawan sekaligus Penanggung Jawab classmeeting menuturkan bahwa banyaknya kegiatan yang diagendakan oleh Osis SMAN 1 Sebatik Tengah ini, lebih supaya siswa berpartisipasi dan menyegarkan pikiran mereka. “Semua siswa harus mengikuti, dan berpartisipasi dalam setiap lomba yang diadakan,” ujar Pak Anwar. Kegiatan ini adalah agenda rutin yang diadakan di SMAN 1 Sebatik Tengah dan sudah menjadi program kerja yang harus dilakukan oleh Osis dibawah komando para guru. Kegiatan ini juga dapat terlaksana dengan baik dengan partisipasi semua elemen yang ada di sekolah, dari guru-siswa sampai TU.

Hasil perjuangan tiap tim terbayar sudah, pengumuman pemenang akan dilakukan pada hari pertama masuk sekolah. Bagi pemenang classmeeting, ini merupakan pencapaian besar berkat kerjasama antar anggota tim, sedangkan bagi peserta yang kalah, menerima hasilnya dengan lapang dada.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar