LATAR BELAKANG
“Negara kita, apa namanya ..??”
“Indonesia Bu.... Malindo Bu... Malaysia...., ” itulah jawaban siswa-siswaku
“Indonesia Bu.... Malindo Bu... Malaysia...., ” itulah jawaban siswa-siswaku
“Betull...
negara kita bernama Indonesia, Bukan Malindo (Malaysia-indonesia) ataupun
Malaysia”.
Walaupun pasokan makanan, transaksi
jual beli dilakukan dengan negeri sebrang, tapi nama Negara kita masih sama,
indonesia. Itu petuah ku kepada siswa XI IPS SMA Negri 1 Sebatik Tengah.
Menjadi guru
geografi untuk murid yang
tinggal dan tumbuh di daerah yang jauh dari Ibukota bukan hanya perkara
mengajarkan anak hapal perkalian,
mahir ber-Bahasa Inggris, atau jago sains. Tantangan terberat
seorang guru di daerah seperti itu adalah bagaimana menanamkan pemahaman bahwa
mereka adalah Warga Negara Indonesia dan bagian dari NKRI.
Indonesia itu negara yang besar. Indonesia itu terdiri atas
rangkaian pulau-pulau, Nak. Terdiri atas ratusan suku bangsa, bahasa, dan
warisan kebudayaan yang jumlahnya tiada tara. Anggukan kepala adalah jawaban
mereka, tanda mereka mengerti apa yang ku bicarakan.
Namun sebagian dari mereka belum memahami betul arti
Indonesia. Mungkin ini adalah konsekuensi menjadi daerah di perbatasan. Mereka
hanya tahu pulau Kalimantan. Tak sadar bahwa masih ada pulau Sumatra, Jawa,
Bali, Sulawesi, Papua dan
ribuan pulau lainnya juga adalah bagian dari Indonesia. Lalu bagaimana cara
menanamkan pemahaman ini kepada para murid? Sekarang, ayo kita bersama meraba
Indonesia sambil belajar kekayaan alam yang ada di Indonesia.
1.
Siswa dibagi kedalam kelompok-kelompok kecil. Setiap kelompok
berisikan 4-5 orang siswa. Pengelompokkan ini dilakukan secara heterogen,
antara siswa laki-laki maupun perempuan dan suku. Setiap kelompok akan duduk
bersama anggota kelomponya melingkar di meja yang telah ditentukan.
2.
Guru membagikan karton
yang berwarna-warni. Disini saya menggunakan karton yang berwarna merah, pink,
putih, kuning, dan hijau.
3.
Guru menempelkan peta
indonesia di papan depan kelas
4.
Secara berkelompok,
siswa diberi tugas untuk menggambar pulau di indonesia, berikut dengan sumber
daya alam yang terkenal dari setiap pulau tersebut. Disini guru membagi 1 kelompok
1 pulau, berikut dengan kekayaan alam yang ada.
5.
Setelah selesai, siswa
akan mempresentasikan hasil petanya. Ada enam pulau besar yang digambar oleh
siswa, Sumatera, Jawa, kalimantan, Sulawesi, halmahera, dan Irian.
6.
Setiap kelompok akan
memiliki peta yang berwarna-warni. Dengan adanya miniatur peta indonesia
diharapkan pembelajaran geografi materi sumber daya alam dapat lebih mudah
dipahami.
LESSON LEARN
Lewat metode ini siswa diajak untuk berimajinasi untuk
mengelilingi Indonesia, dan mengenal kekayaan alam Indonesia. Secara
komprehensif siswa akan mengetahui persebaran sumber daya alam yang terkandung
di dalamnya, berikut alasan-alasannya secara ilmiah. Ketika melakukan diskusi dan
presentasi, siswa akan belajar kerja sama, berpendapat, dan mereka akan
mengkonstruksi pengetahuannya dengan baik.
Tidak ada komentar :
Posting Komentar