Permainan ini bertujuan untuk
menciptakan suasana belajar mengajar yang menyenangkan, sekaligus menjalin
kerjasama antar sesama peserta di dalam kelompok. Saya adalah guru yang kurang
menyukai pembelajaran yang bersifat hafalan, meskipun saya mengajar geografi,
namun saya akan mencoba menggunakan metode yang berbeda dan baru dari metode
sebelumnya.
Metode mengajar guru yang baik, akan
terlihat dari antusiasme murid ketika mengikuti proses pembelajaran. Selama masa
pengamatan, saya daptkan bahwa murid-murid saya adalah siswa yang aktif,
kinestetis dan sepertinya memiliki energi yang luar biasa.
Permainan ini saya gunakan dalam
materi sumber daya alam yaitu jenis-jenis sumber daya alam. Aturan dalam
permainan ini sangat gampang, bahkan tanpa disadari mereka sedang belajar.
LANGKAH
1. Bagilah siswa kedalam beberapa kelompok. Karena siswaku
berjumlah 26 orang, maka aku membagi menjadi 4 kelompok. Masing-masing kelompk
berisi 6-7 siswa.
2. Berilah sebuah spidol kepada masing-masing
kelompok. Disini saya menggunakan spidol yang berwarna-warni agar merangsang ketertarikan
siswa ketika belajar.
3. Mintalah setiap peserta dari masing-masing
kelompok secara berurutan untuk menuliskan kata secara berurutan, dengan jarak
1 meter dari whiteboard.
Disini guru bisa
menyebutkan suatu petunjuk atau clue tertentu
sesuai dengan materi yang diajarkan. Contohnya, sumber daya alam yang dapat
diperbarui yang letaknya di lautan.
4. Siswa pertama akan memulai gilirannya, setelah
menulis di whiteboard akan berganti
dengan siswa kedua, ketiga dan seterusnya sampai siswa terakhir.
5. Peserta tidak boleh menambahakan kata diantara
kata yang telah peserta lainnya tulis, tidak boleh menghapus kata sebelumnya,
dan tidak berkompromi dengan temannya yang lain.
6. Pemenangnya adalah kelompok yang berhasil menyusun
kata dengan baik, dan jawabannya benar.
7. Ulangi permainan ini beberapa kali, namun jangan
terlalu banyak, karena akan membuat siswa bosan.
LESSON LEARN
Siswa belajar percaya dengan pekerjaan
yang dikerjakan oleh anggota kelompoknya, belajar memecahkan masalah dengan
cepat, karena waktu yang singkat, dan belajar manajemen waktu dengan baik. Peserta
yang cepat dengan jawaban yang tepat adalah pemenangnya.
Tidak ada komentar :
Posting Komentar